Portal PlayStation: Ulasan Lynxgame

 

Memang benar, ekspektasi saya terhadap PlayStation Portal tidak terlalu tinggi.

Saya ingin bisa memainkan Yakuza dan Spider-Man 2 di tempat tidur tanpa menghabiskan $500+ untuk Steam Deck, dan ponsel saya yang tebal tidak cocok dengan Backbone atau aksesori pengontrol game snap-on lainnya. Saya sudah memiliki Switch dan Switch Lite, jadi saya tidak mencari perangkat portabel khusus—atau platform baru untuk membangun perpustakaan. Perangkat genggam Sony yang tampak aneh sangat mirip dengan pengalaman PS5 dan membuat tangan saya terasa lentur, bahkan setelah sesi bermain yang lebih lama. Jadi itu mencentang banyak kotak itu.

Perlu ditegaskan kembali bahwa Portal adalah aksesori PS5 nirkabel, bukan PS5 portabel. Hal ini membatasi daya tariknya, meskipun hal tersebut diimbangi oleh biaya masuk (yang relatif) rendah yaitu $199. Anda tidak dapat menggunakannya untuk melakukan streaming game dari superjitu cloud (seperti Logitech G-Cloud), dan Anda tidak dapat mengunduh game ke dalamnya seperti Nintendo Switch atau Steam Deck. Anda sudah harus memiliki konsol PS5 untuk menggunakannya. Menggunakan Portal juga tidak akan “membebaskan” konsol sehingga satu orang dapat bermain di TV sementara yang lain bermain di perangkat genggam.

Saya sudah menjelaskan panjang lebar tentang tampilan dan nuansa Portal—terlihat aneh, terasa menyenangkan. Setelah Anda mengeluarkan bocah gemuk ini, pengaturannya cukup mudah—secara teori. Anda menghubungkannya ke jaringan wi-fi rumah Anda, menyalakan PS5 Anda dan mengubah beberapa pengaturan, dan Anda siap melakukannya. Dalam praktiknya, Anda mungkin harus langsung mengunduh pembaruan perangkat lunak untuk perangkat genggam tersebut, masuk ke akun PS Anda, dan—jika Anda seperti saya—perbarui PS5 Anda juga. Kecuali Anda adalah pengguna PS5 harian, rencanakan pesta pora pemuatan selama 30 menit setelah Anda mengeluarkannya dari kotaknya.

Selama beberapa hari pengujian, saya hanya mengalami satu gangguan koneksi, saat bermain Like A Dragon: Ishin. Tanpa peringatan, saya sedang berkeliaran di sekitar Kyoto untuk mencari perkelahian, ketika saya mendapat pesan bahwa koneksi saya ke PS5 saya terputus. Saya menekan tombol X untuk menyambung kembali seperti yang diminta, dan setelah jeda sesaat saya dapat melanjutkan tanpa harus keluar dari permainan atau memuat ulang simpanan saya.

Peralihan antar game berfungsi sama seperti di PS5. Game yang menuntut secara visual seperti Spider-Man 2, The Last of Us Part I, dan Final Fantasy XVI membutuhkan waktu beberapa saat untuk diluncurkan, namun begitu diluncurkan, game tersebut akan berjalan dengan cepat tanpa jeda yang jelas. (Meskipun demikian, saya memiliki internet gigabit dan tinggal di apartemen dengan satu kamar tidur—jarak tempuh Anda mungkin berbeda-beda.) Ini bukan OLED dengan spesifikasi terbaik, namun layar LED 8 inci, 1080p jernih dan cerah—sebuah kemajuan nyata dari TV kelas menengah saya yang agak kering dari beberapa Black Friday yang lalu. Warna hitamnya lembut dan teksturnya halus.

Meskipun demikian, layarnya memiliki kilau berbeda yang dapat menangkap sidik jari dengan cukup mudah, dan Anda akan melihat sedikit silau dalam kondisi pencahayaan yang lebih terang. Dan beberapa game PS5 memberikan pengalaman genggam yang lebih baik dibandingkan yang lain. Spider-Man 2 memiliki teks dan menu yang cukup jelas, tetapi FFXVI terkadang sulit dibaca. Jika menurut Anda teks ini kecil di TV 50”, teks ini tidak dapat dilihat di layar 8 inci.

Pegangan Portal sedikit lebih pendek dibandingkan dengan DualSense standar, sehingga memerlukan sedikit waktu untuk membiasakan diri. Saya memang perlu menyesuaikan genggaman saya sesekali, terutama saat saya bermain sambil berbaring—atau melakukan hampir semua hal yang melibatkan layar sentuh, yang setara dengan Portal untuk touchpad trapesium DualSense. Sentuh layar di dekat salah satu joystick dan persegi panjang transparan akan muncul di kedua sisi.

Saya menghabiskan waktu terlalu lama untuk memikirkan cara mengakses menu utama di Spider-Man 2—ketuk dua kali dengan cepat—dan bahkan setelah melakukannya, masih sangat mudah untuk masuk ke mode foto secara tidak sengaja. Saat ini, fungsi touchpad Portal canggung dan tidak dijelaskan dengan baik, namun hal ini tidak sepenuhnya menjadi masalah. Belum ada menu khusus untuk Portal di bawah pengaturan aksesori PS5, tapi semoga itu tidak terlalu jauh.

Hambatan lainnya: Portal Super Jitu Togel tidak dapat mengakses PS5 Anda kecuali Anda masuk. Jika Anda sering menggunakan PS5, mungkin itu tidak akan menjadi masalah. Namun jika Anda tidak menggunakan konsol utama setiap hari, kemungkinan besar Anda harus menyalakan PS5 sebentar dan mengganggu apa pun yang sedang dilakukan keluarga atau teman sekamar Anda. Masuk akal mengapa Portal bekerja dengan cara ini, namun tetap saja ini merupakan masalah yang potensial. Idealnya, itu hanya perubahan pengaturan atau pembaruan perangkat lunak saja.

Meskipun ada perubahan yang ingin saya lihat dalam beberapa minggu dan bulan ke depan, saya cukup terkesan dengan waktu yang saya habiskan bersama Portal sejauh ini. Saya telah bermain selama sekitar enam jam dengan sekali pengisian daya dan masih memiliki sisa daya tahan baterai. Ini adalah pilihan hadiah di bawah $200 yang solid untuk gamer dalam hidup Anda yang selalu memonopoli TV saat Anda mencoba menonton Vanderpump Rules atau Monday Night Football.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BOOM Esports Sisa 2 Pemain Setelah Melepas Skem

3 hero counter Nana Mobile Legends terbaik

Diablo 4: 7 Hal yang Ingin Kami Lihat Kembali